SUDUT KALTIM

Pentingnya Integrasi Data, Sosialisasi SPBE Tingkatkan Kualitas Pelayanan di Kutai Timur

, SudutKaltim – Dalam upaya meningkatkan kinerja birokrasi dan pelayanan publik yang efisien, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten (), , melalui Kepala Bidang Aplikasi Informatika (Aptika) Diar Fauzi Wiranata, mengadakan Sistem Informasi Berbasis Elektronik (SPBE).

Diar Fauzi Wiranata menjelaskan bahwa berperan sebagai fasilitator penerapan SPBE di lingkup Pemerintah Kabupaten (). Dalam rangka pemastian kesuksesan program tersebut, evaluasi berkala dilakukan untuk memastikan setiap Perangkat Daerah (PD) memahami tupoksi dan data dukung yang diperlukan.

“Melalui ini, memudahkan kami untuk memastikan setiap PD memahami secara utuh tupoksi dan data dukung yang diperlukan dalam pelaksanaan SPBE,” ungkap Diar Fauzi Wiranata dalam acara sosialisasi di Hotel Royal Victoria.

Sosialisasi ini juga bertujuan memberikan penegasan kepada setiap PD bahwa Staper hanya sebagai fasilitator, sementara seluruh data dukung menjadi tanggung jawab masing-masing PD. Misalnya, data kemiskinan berada di Dinas Sosial, sementara data kependudukan dipegang oleh Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan.

“Kami hanya menerima data yang akan kita kirimkan melalui SPBE,” tambahnya.

Dalam acara tersebut, narasumber Denny Willyanto dari Inixindo Surabaya memberikan wawasan terkait peran SPBE dalam memajukan administrasi pemerintahan. Ia juga menekankan bahwa pelayanan publik di masa depan akan menuju sistem pemerintahan berbasis elektronik dan digitalisasi.

“Contohnya yang sudah kita laksanakan saat ini, terkait tanda tangan elektronik yang sangat membantu dan memudahkan dalam administrasi. Termasuk penerapan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi), pemahaman-pemahaman seperti itu menegaskan bahwa SPBE itu sangat penting,” tutur Diar Fauzi Wiranata.

Dengan sosialisasi ini, diharapkan seluruh PD dapat terintegrasi dengan baik dalam pelaksanaan SPBE, memastikan efisiensi dan efektivitas dalam pelayanan publik di Kutai Timur. (AD01/ Kutai Timur)

Related posts

Buka Prima Akademia, Bupati Ardiansyah Sulaiman Puji Semangat Pendidikan di Kutai Timur

Redaktur Meiry

Wakil Bupati Kutim Sambut Baik Pembahasan Raperda Pencegahan dan Penanggulangan AIDS

Admin

Bahrani Hasanal, Stunting Bisa Dicegah, Dinkes Kutai Timur Galakkan Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Catin

Redaktur Meiry

You cannot copy content of this page