SUDUT KALTIM

Masyarakat Diminta Waspada Cacar Monyet, Dinkes Kutai Timur Terus Pantau dan Lakukan Upaya Deteksi Dini

, SudutKaltim – Seakan melupakan kehebohan kasus COVID-19, dunia kini dikejutkan dengan munculnya penyakit menular baru, yaitu “”. Meskipun belum terdapat laporan kasus di , namun Kepala Dinas , Bahrani Hasanal, mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko penularan penyakit ini.

sedang menjadi sorotan dunia. Meski belum terdeteksi di , di Indonesia baru tercatat satu kasus,” ujar Bahrani Hasanal. Meskipun belum ada kasus, Dinas telah menginstruksikan tenaga surveylance di setiap untuk terus memantau dan mendeteksi gejala penyakit yang mirip dengan cacar monyet.

Gejala cacar monyet mirip dengan cacar pada umumnya. Penderita akan mengalami demam tinggi, lemas, serta gangguan pencernaan seperti mual dan muntah sebelum muncul bintik-bintik seperti cacar air. Namun, yang membedakan, penderita cacar monyet dapat mengalami komplikasi berupa koreng atau borok pada bekas cacar, dan dalam beberapa kasus, dapat mengakibatkan pneumonia atau radang paru-paru.

“Antisipasi sangat penting karena penderita cacar monyet dapat mengalami komplikasi serius, termasuk pneumonia yang dapat menyebabkan kesulitan bernafas,” jelas Bahrani.

Dengan kehebohan penyakit ini di beberapa wilayah dunia, Kutai Timur menghimbau masyarakat untuk tetap waspada. Upaya pemantauan dan deteksi ditingkatkan guna mengidentifikasi dini kemungkinan kasus cacar monyet.

“Kita harapkan masyarakat bisa meningkatkan kewaspadaan dan segera melaporkan jika ada gejala yang mencurigakan. Langkah pencegahan dini sangat penting untuk mencegah penyebaran penyakit ini,” pungkas Bahrani. (AD01/ Kutai Timur)

Related posts

Sigap Tanggapi Masalah Sosial, DPD Perindo Kutim Serahkan Bantuan

Admin

Muhammad Faisal: SP4N LAPOR! Kutim Patut Dijadikan Referensi Oleh Kabupaten/Kota Lain di Kaltim

Redaktur Meiry

Diversifikasi Industri Desa, Pesan Kunci Bupati Ardiansyah Sulaiman

Redaktur Meiry

You cannot copy content of this page