SUDUT KALTIM

Kesiapan Kepolisian Kutai Timur Antisipasi Ancaman Teroris pada Pemilu 2024

, SudutKaltim – Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 di () menjadi sorotan utama dalam rapat Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) pada Senin (20/11/2023). Salah satu fokus utama adalah bagaimana Kepolisian bersiap menghadapi potensi kerawanan selama periode hingga pemungutan suara.

, , menyoroti beberapa tantangan yang perlu mendapat perhatian serius. “Wilayah yang sangat luas menjadi kendala dalam distribusi logistik Pemilu. Terkait dengan itu, kami akan bekerja sama dengan TNI serta penyelenggara Pemilu untuk memetakan wilayah rawan dan kurang rawan,” ungkap Bonnic.

Potensi kerawanan lainnya adalah eks narapida (napiter). Bonnic menegaskan perlunya kewaspadaan tinggi dalam menghadapi ini. Selain itu, dengan melibatkan 1185 Tempat Pemungutan Suara (TPS), terdapat 5 TPS khusus yang memerlukan perhatian khusus. “Kami telah memetakan potensi konflik yang kemungkinan bisa terjadi sejak dini,” tambahnya.

Menjelang yang akan dimulai pada 28 November 2023, Bonnic mengingatkan seluruh jajaran kepolisian untuk bekerja secara profesional. Dalam menghadapi potensi konflik selama kampanye, beberapa aspek seperti penyebaran berita hoaks di media sosial, black campaign, isu SARA, arak-arakan, hingga perusakan alat peraga kampanye perlu diantisipasi dengan baik.

Sebelumnya, dalam laporan Badan Kesbangpol , Kepala Badan M Basuni mengungkapkan koordinasi intensif dengan penyelenggara Pemilu, distribusi logistik Pemilu di Graha Expo, dan pembagian zona kampanye masing-masing kontestan sebagai langkah antisipatif. (AD01/ Kutai Timur)

Related posts

Bupati Kutai Timur Groundbreaking Peningkatan Jl di Rantau Pulung, Rp 56,789 Miliar Dikucurkan Melalui Skema MYC

Redaktur Meiry

Yuriansyah: 75 Persen Bumdes di Kutai Timur Aktif dan Berjalan dengan Baik

Redaktur Meiry

Diversifikasi Industri Desa, Pesan Kunci Bupati Ardiansyah Sulaiman

Redaktur Meiry

You cannot copy content of this page