SUDUT KALTIM

Han Budi Setiawan Jadi Narasumber: Bimtek Bappeda Kutim Diikuti 121 Desa

, SudutKaltim – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah () () mengadakan () untuk meningkatkan kapasitas aparatur desa dalam penguatan perencanaan pembangunan daerah. Acara ini berlangsung di Ballroom Hotel Mercure pada Senin malam (20/11/2023) dan diresmikan oleh . Partisipasi aktif dari 121 desa di menjadikan acara ini sangat berarti dalam mendukung perencanaan pembangunan yang terkoordinasi.

, Kepala , menjelaskan bahwa tujuan ini adalah memberikan pembekalan kepada aparatur desa mengenai mekanisme perencanaan, khususnya di tingkat desa. Hal ini dianggap penting untuk memastikan kesejajaran perencanaan dari tingkat nasional hingga tingkat desa.

“Kita perlu menyinkronkan perencanaan dari tingkat paling atas, seperti RPJMN dan RPJMD , hingga ke tingkat kecamatan dan desa. Ini harus bersinergi agar tercapai perencanaan pembangunan yang terkoordinasi,” ungkap Noviari.

Bimtek ini dihadiri oleh Sekretaris Desa dan dari 121 desa di Kutai Timur. Meskipun 18 desa tidak dapat hadir karena beberapa kendala, kegiatan ini dijadwalkan berlangsung selama tiga hari, dimulai dari Senin (19/11/2023) hingga Rabu (22/11/2023). Para peserta akan mendapatkan wawasan dari narasumber ahli, seperti Han Budi Setiawan dari Direktorat Jenderal Biro Pembangunan Daerah Kemendagri.

Pembukaan Bimtek ini menegaskan komitmen Pemerintah Kutai Timur dalam meningkatkan kapasitas perencanaan daerah, khususnya di tingkat desa. Fokus pada kesejajaran perencanaan di berbagai tingkatan diharapkan dapat menciptakan sinergi yang kuat dalam pembangunan daerah.

menyampaikan harapannya agar Bimtek ini dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam kepada aparatur desa. Dengan pemahaman yang baik, mereka diharapkan dapat lebih efektif dalam menyusun dan melaksanakan program pembangunan di wilayah masing-masing.

Baca Juga  Gandeng Posyandu Asoka dan Prodesa, DPPKB Kutim Jadikan Swarga Bara Pilot Project Penanganan Stunting

Bimtek tidak hanya menjadi forum pembelajaran formal tetapi juga kesempatan bagi para peserta untuk berbagi pengalaman dan mengatasi tantangan dalam perencanaan pembangunan. Keberlanjutan acara ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan kolaboratif yang memperkaya pengetahuan dan keterampilan aparatur desa di Kutai Timur. (AD01/Kutai Timur)

Related posts

Sosialisasi Netralitas Perangkat Desa Kutai Timur, Cegah Penyalahgunaan Wewenang Pada Pemilu 2024

Redaktur Meiry

PWRI Kutai Timur Gelar Bukber dan Beri Santunan Ratusan Anak Panti Asuhan

Redaktur Meiry

Sudirman Latif: Peningkatan Literasi, Investasi Masa Depan Kutai Timur

Redaktur Meiry

You cannot copy content of this page