SUDUT KALTIM

Pekan Ketrampilan PAI di Kutai Timur, Suburkan Bakat dan Pemahaman Keagamaan Siswa

, SudutKaltim – Dinas dan Kebudayaan Kabupaten () terus mendorong pengembangan potensi siswa melalui berbagai kegiatan. Setelah sukses menggelar Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP PAI) yang juga menyoroti Kurikulum dan PAI Berbasis TIK, kini giliran Pekan Ketrampilan PAI yang dihadirkan sebagai wadah bagi siswa untuk menyalurkan dan mengembangkan bakat mereka.

Pekan Ketrampilan PAI mengagendakan 8 kategori cabang , mencakup seni tilawah, LCC ( Cipta Cerita), pidato, MHQ (Memorizing Hadith Quiz), adzan, kaligrafi, rebana, serta habsi. Ajang ini diadakan di Aula Hotel Royal Victoria pada Rabu (08/11/2023) dan bertema “Mengoptimalkan Potensi Siswa menuju Merdeka Belajar 2030.” Acara dibuka oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP, Ilham, yang mewakili Kepala .

Pekan Ketrampilan PAI dihadiri oleh jajaran Disdikbud , perwakilan dari Kementerian Agama, serta undangan dari seluruh kecamatan di yang turut berpartisipasi sebagai peserta. Ilham, dalam laporannya, menjelaskan bahwa Pentas Ketrampilan PAI menjadi bagian integral dari Kurikulum Merdeka yang telah diterapkan di seluruh satuan di Kutim, terkait dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Salah satu fokus utama dalam P5 adalah menciptakan Sumber Daya Manusia () yang beriman dan berakhlak mulia. Ilham menekankan bahwa pendidikan agama menjadi hal yang tak terpisahkan dan harus dikedepankan tanpa kompromi. “Pendidikan agama menjadi salah satu yang tidak bisa ditawar-tawar,” tegas Ilham.

Ilham juga menyoroti pentingnya dukungan pemerintah untuk peningkatan dunia pendidikan. Dalam konteks ini, Disdikbud Kutim tidak hanya memprioritaskan mata pelajaran umum, tetapi juga menjunjung tinggi peran mata pelajaran agama. Dengan adanya dukungan ini, diharapkan inovasi dan kreativitas dari para tenaga pendidik dapat selaras dengan kebijakan pemerintah.

Baca Juga  Kontingen Pesparawi Kutim Berangkat ke Ajang Tingkat Provinsi, Wabup Lepas dengan Doa dan Semangat

Dalam lomba yang diikuti oleh 290 peserta dari jenjang SMP, Ilham memberikan pesan kepada para peserta agar memanfaatkan kesempatan ini untuk menggali pengalaman dan membangun tali silaturahmi antar sesama. Selain hasil, pengalaman dan hubungan yang terjalin menjadi nilai tambah dari kegiatan ini.

Pekan Ketrampilan PAI menjadi bukti nyata komitmen Disdikbud Kutim dalam membentuk generasi yang unggul, beriman, dan berakhlak mulia melalui pengembangan ketrampilan dan peningkatan pemahaman keagamaan. (AD01/ )

Related posts

Mengintip Keindahan Kanal Park Sangatta, Wahana Wisata Air Terbesar di Kutai Timur

Admin

Suarakan Inklusivitas Pemilu, Sosialisasi Pendidikan Politik untuk Penyandang Disabilitas di Kutim

Redaktur Meiry

Disdikbud Kutai Timur Dukung Sangatta Science Fair: Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Daerah

Admin

You cannot copy content of this page