SUDUT KALTIM

Menuju Universal Coverage Jamsostek 2024, Disnakertrans Kutim Pastikan Perlindungan bagi Pekerja Rentan

SudutKaltim.com – Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat (), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas dan Transmigrasi () meluncurkan program Perlindungan Bagi Kabupaten tahun 2024. Program ini, selain bertujuan memberikan perlindungan jaminan sosial melalui Ketenagakerjaan bagi para di Kabupaten Kutim, juga merupakan salah satu program guna menuju Universal Coverage 2024.

Kepala Kutim, , mengucapkan terima kasih kepada Kutim, , yang telah memberikan perhatian khusus kepada para pekerja rentan yang selama ini belum terjamin dalam perlindungan sosial. “Terima kasih atas dukungan Kutim terhadap bantuan berupa pemberian perlindungan ketenagakerjaan, khususnya bagi pekerja rentan,” kata dalam acara launching Universal Coverage 2024 di D'Longe Room, Hotel Royal, pada Rabu (22/5/2024).

Roma menjelaskan bahwa pekerja rentan adalah mereka yang tidak menerima upah secara tetap, seperti nelayan, petani, ojek online, buruh lepas, dan lainnya. Menurutnya, langkah yang diambil oleh ini sangat tepat dan penting untuk kepentingan masyarakat luas. “Ini merupakan langkah yang tepat, diambil oleh untuk kepentingan orang banyak, khususnya bagi masyarakat Kabupaten Kutim,” lanjutnya.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Kutai Timur, Roma Malau. (MK/ sudutkaltim)

Ia juga menekankan bahwa program ini sesuai dengan amanat Undang-undang Dasar Pasal 34 ayat (1) yang menyatakan bahwa fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara, serta ayat (2) yang menyatakan bahwa negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan.

Pada kesempatan itu, Roma meminta para camat sebagai perpanjangan tangan pemerintah kabupaten untuk memberikan data akurat mengenai pekerja rentan yang layak mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan. “Hari ini kita launching 14.500 orang yang menerima, namun di -P akan ditambah menjadi 85 ribu orang penerima,” ungkap Roma.

Baca Juga  Antisipasi Banjir Dampak Deforestasi, DLH Kutai Timur Fokus pada Titik Rawan Banjir dan Hutan Lestari

Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan , Erfan Kurniawan, turut mengapresiasi langkah Pemkab Kutim ini. “Ini akan menjadi Universal Coverage, artinya hampir seluruh masyarakat Kutim dilindungi BPJS Ketenagakerjaan. Tapi kami masih punya PR besar. Kami butuh support dari perangkat daerah semua agar penerima perlindungan betul-betul tahu program ini,” kata Erfan.

Dalam kesempatan tersebut, menyatakan bahwa pemerintah terus hadir untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat, tidak hanya dalam hal , tetapi juga perlindungan sosial lainnya seperti jaminan kecelakaan kerja, kematian, hari tua, pensiun, dan kehilangan pekerjaan (PHK). “Kalau sekarang 45 ribu, akan jadi 85 ribu nanti dengan berbagai pekerjaan yang dimiliki. Baik nelayan, , guru ngaji, imam masjid, ustaz, pendeta, TK2D, dan pekerja lepas yang bekerja di mana saja,” bebernya.

juga menyerahkan secara simbolis kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada lima orang perwakilan dari berbagai sektor. Selain itu, penyerahan simbolis santunan kematian juga diberikan kepada ahli waris almarhum Rahman, seorang nelayan, sebesar Rp42 juta.

Arvino, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang , mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Pemkab Kutim untuk mewujudkan full coverage 100 persen program jaminan sosial ketenagakerjaan di Kutim. “Kami akan berkoordinasi dengan Pemkab Kutim terkait masyarakat yang masih belum terlindungi program jaminan sosial ketenagakerjaan agar full coverage 100 persen dapat tercapai,” ujarnya.

Langkah yang diambil oleh Pemkab Kutim ini adalah bentuk nyata dari upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya pekerja rentan. Dengan dukungan penuh dari Bupati Kutim dan jajaran perangkat daerah, program ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar dan merata bagi seluruh masyarakat Kutai Timur. (ADV/ Kutai Timur)

Related posts

Bupati Ardiansyah Dorong Pertanian dan Peternakan Sebagai Lokomotif Baru Pembangunan di Kutai Timur

Admin

Sambut Purna Tugas, 111 ASN Kutim Ikuti Bimtek Persiapan Pensiun

Admin

Menuju KLA, Pemkot Balikpapan Ajak Peran Media Serta Jurnalis Untuk Komitmen Ramah Anak

Admin
Sorry this site disable right click
Sorry this site disable selection
Sorry this site is not allow cut.
Sorry this site is not allow copy.
Sorry this site is not allow paste.
Sorry this site is not allow to inspect element.
Sorry this site is not allow to view source.

You cannot copy content of this page