SUDUT KALTIM

Upaya Pemaksimalan TPA Sangatta, Armin Nazar Ungkap Rencana Penerapan Sanitary Landfill untuk Peningkatan Pengelolaan Sampah

, SudutKaltim – Kepala () , Armin Azhar, memberikan perhatian khusus pada Tempat Pemrosesan Akhir () sebagai bagian dari upaya maksimal dalam peningkatan penilaian Adipura di . Menurutnya, memiliki peran vital dalam skoring Adipura, dan untuk itu, pihaknya secara khusus memperhatikan dan merencanakan peningkatan dan metode pengelolaan di TPA.

Armin Azhar membantah klaim bahwa TPA di sudah penuh. Menurutnya, masih terdapat ruang yang belum terisi di bagian TPA. Kendala utama yang dihadapi adalah kesulitan mencapai area tengah TPA karena khawatir amblas di tengah lubang.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Armin Azhar mengusulkan penerapan metode Sanitary Landfill, yakni setelah diratakan kemudian ditimbun. Ia juga menjelaskan bahwa pengolahan sampah di Kutai Timur melibatkan kelompok pemulung yang dapat mengambil material-material bernilai ekonomis seperti plastik.

“Memang rencana saya kedepan, di sana saya mau bikin Sanitary Landfill, jadi sampah yang di sana itu diratakan, kemudian ditimbun dengan tanah,” papar Armin.

“Jadi banyak kelompok kelompok pemulung yang ada di sekitar TPA itu. Kita perbolehkan untuk mengambil material material yang masih bernilai ekonomis seperti plastik-plastik gitu,” imuh Kadis LH menjelaskan.

Selain itu, Armin Azhar fokus pada penghijauan di sekitar TPA untuk menangkap bau yang mungkin mencemari udara. Ia menggarisbawahi pentingnya perhatian khusus terhadap pengelolaan TPA sambil memastikan kebersihan dan keamanan wilayah sekitarnya.

“Sampah sudah, Insyaallah, aman. Memang tinggal pengolahan di TPA ini yang diberi perhatian khusus,” ungkapnya. Dengan langkah-langkah ini, Armin Azhar berkomitmen untuk meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan pengelolaan sampah di Kutai Timur, menjadikan Adipura sebagai cerminan kesuksesan dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan di daerah tersebut. (AD01/ Kutai Timur)

Related posts

Bupati Kutai Timur Buka Kejuaraan Tenis, Menang Bukan Hanya Hasil, Tapi Semangat

Admin

Raih 6 Kursi, Nasdem Kutai Timur Optimis Masuk Unsur Pimpinan DPRD

Admin

Dinas Kesehatan Kukar Terus Berbenah Dalam Tata Kelola BLUD

Admin

You cannot copy content of this page