SUDUT KALTIM
Kadisdikbud Kutim, Mulyono

Hadiri Kegiatan Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Kadisdikbud Kutim Ungkap Program Beasiswa dan Pengembangan Tenaga Pendidik

SudutKaltim.com – Kepala Dinas dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten (), , menghadiri kegiatan Program Studi Magister Manajemen yang diselenggarakan oleh mahasiswa Universitas Mulawarman (Unmul) di Aula SDN 002 pada Senin, 27 Mei 2024. Acara tersebut, yang mengusung tema “Pengabdian Kepada Masyarakat”, menjadi platform bagi untuk memaparkan beberapa program unggulan , , khususnya di bidang pendidikan.

Dalam sambutannya, Mulyono menegaskan pentingnya program beasiswa yang telah dirancang oleh untuk meningkatkan akses pendidikan bagi para pelajar dan tenaga pendidik di daerah tersebut. “Saya selalu berpedoman kepada tujuh program Bapak di bidang pendidikan, salah satunya adalah beasiswa,” ujar Mulyono.

“Pada tahun 2023, anggaran beasiswa mencapai 5,6 miliar rupiah, sedangkan tahun ini meningkat drastis menjadi 21,75 miliar rupiah,” tambahnya.

Beasiswa tersebut, lanjut Mulyono, ditujukan untuk peserta didik dari Kutim yang akan melanjutkan pendidikan di beberapa universitas ternama di Indonesia, termasuk Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Hasanuddin (Unhas), dan Universitas Padjadjaran (Unpad).

“Secara total, ada 50 siswa yang akan menerima beasiswa ini, dengan 30 di antaranya akan kuliah di UGM. Semua biaya, mulai dari pendaftaran, bimbingan belajar, hingga UKT-nya (Uang Kuliah Tunggal), akan ditanggung,” jelasnya.

Selain untuk siswa, Mulyono juga menyoroti pentingnya program beasiswa untuk tenaga pendidik di Kutim. “Sebanyak 400 guru akan diberikan kesempatan kuliah melalui program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL),” papar Mulyono melanjutkan.

Dijelaskan Mulyono, program ini memungkinkan guru-guru yang telah mengajar selama lima tahun untuk menyelesaikan pendidikan Strata 1 (S1) dalam dua tahun dan Strata 2 (S2) dalam satu tahun. Pelaksanaan kuliah ini akan dilakukan 80 persen secara online dan 20 persen secara offline di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) .

Baca Juga  RSUD Muara Bengkal Resmi Diresmikan, 4 Kecamatan di Kutai Timur Dapat Bantuan Ambulans

Mulyono berharap program-program unggulan ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Kutim secara signifikan. “Kami berupaya memastikan bahwa setiap anak di Kutim memiliki kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang terbaik dan bahwa tenaga pendidik kami terus berkembang untuk memenuhi standar pendidikan yang tinggi,” pungkasnya.

Acara yang diselenggarakan oleh Unmul tersebut juga dihadiri oleh para guru besar, kepala sekolah, serta mahasiswa program studi Magister Manajemen Pendidikan. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kolaboratif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas akses pendidikan tinggi bagi masyarakat . (ADV/ Kutai Timur)

Related posts

Pemkab Hadir Dengarkan Pandangan Umum Fraksi DPRD Kutai Timur

Admin

DPPKB Kutai Timur Tegaskan Komitmen Tinggi dalam Menekan Angka Stunting

Admin

Yuriansyah: 75 Persen Bumdes di Kutai Timur Aktif dan Berjalan dengan Baik

Admin
Sorry this site disable right click
Sorry this site disable selection
Sorry this site is not allow cut.
Sorry this site is not allow copy.
Sorry this site is not allow paste.
Sorry this site is not allow to inspect element.
Sorry this site is not allow to view source.

You cannot copy content of this page