SUDUT KALTIM

Bupati Kutai Timur Ajak Pejabat ASN Menuju Purna Tugas dengan Semangat Berwirausaha

, SudutKaltim () menemukan waktu berharga di tengah padatnya agenda kerja untuk berpartisipasi dalam malam Ramah Tamah Persiapan (Pensiun) Pejabat di Lingkungan Tahap II Tahun 2023. Acara ini diinisiasi oleh () dan digelar di Lantai 8 Ballroom Hotel Aston Tropicana Cihampelas pada Selasa malam (21/11/2023). Ardiansyah hadir bersama istri dan Ketua TP PKK , .

Dalam Persiapan ini, panitia dari Kutim mengangkat tema “Sehat, Sejahtera, dan Bahagia”. Sebanyak 60 peserta pejabat yang akan memasuki purna tugas turut serta, didampingi oleh para istri. Narasumber yang ahli di bidangnya, yaitu Direktur Pusat Studi Manajemen Keuangan Daerah (PSMKD) Jakarta, Eko Voorianto, memberikan wawasan berharga.

Dalam sambutannya, Bupati Ardiansyah menyampaikan rasa terima kasih atas pengabdian dan loyalitas para pejabat ASN selama menjabat di . Ia menekankan bahwa pengabdian ini tidak berakhir dengan pensiun, melainkan tetap terpatri dalam jiwa para ASN.

“Saya berharap bapak dan ibu dapat beradaptasi dengan baik atas keadaan baru yang cukup berbeda nanti. Masa purna tugas tidak boleh menjadi penghalang bagi semangat bapak dan ibu untuk terus berkarya di tengah masyarakat,” ujar Ardiansyah.

Bimtek ini menjadi bekal bagi pejabat ASN yang akan memasuki purna tugas, dengan tujuan meningkatkan kompetensi dan produktivitas yang sehat. Hal ini untuk mengurangi faktor dependency ratio dan meningkatkan fisik dan mental, guna menghindari gejala post power syndrome. Bupati Ardiansyah berharap para pra purna tugas dapat membangun dan memotivasi minat alih profesi dan bakat pada masa purna tugas.

Baca Juga  Evaluasi SP4N LAPOR! Kutai Timur Capai 95 Persen, Bersaing dengan Kota Samarinda

Dalam wejangannya, Bupati Ardiansyah memberikan dorongan kepada peserta Bimtek untuk melihat masa purna tugas sebagai peluang untuk berwirausaha atau mengembangkan bisnis. Ia memberikan contoh potensi bisnis coklat dan pisang grecek di Kutim.

“Ada peluang besar untuk mengembangkan industri coklat di Kutim, terutama di Karangan dan Teluk Pandan. Selain itu, pisang grecek dari Kutim sudah diekspor ke berbagai negara. Saya berharap ada yang tertarik untuk mengembangkan bisnis ini,” tambahnya.

Bupati Ardiansyah juga menekankan bahwa masa purna tugas harus dijalani dengan semangat berkarya, kontribusi, dan menjaga nama baik. Ia berharap agar para pejabat ASN yang memasuki purna tugas dapat menjadi pengusaha sukses atau berkontribusi dalam pengembangan potensi daerah.

Dengan demikian, Bupati Ardiansyah memberikan inspirasi dan dorongan kepada para pejabat ASN yang memasuki masa purna tugas untuk tetap produktif dan berkarya, serta melihat peluang bisnis yang ada di . Selamat dan sukses untuk para pejabat ASN yang memasuki masa purna tugas. Semoga mereka dapat memberikan kontribusi positif dalam pembangunan daerah. (AD01/Kutai Timur)

Related posts

Kurang Dari 48 Jam, Komplotan Perampok Lintas Provinsi Dibekuk Jajaran Polres Kutai Timur

Redaktur Meiry

Ery Mulyadi: Keterbukaan Informasi, Keniscayaan untuk Transformasi Digital di Kutim

Redaktur Meiry

Tour Library Kaltim 2023, Menyemai Bibit Unggul Melalui Minat Baca

Admin
error: ISI KONTEN DILINDUNGI!