SUDUT KALTIM

Keterbatasan Wewenang, DLH Kutim Akui Korporasi di Kutai Timur Masih Banyak Tak Taat Regulasi Aturan

, SudutKaltim – Kepala () Kabupaten , Armin Nazar, menyampaikan keprihatinannya terkait pelaksanaan regulasi lingkungan oleh korporasi di daerah tersebut. Hingga saat ini, pihak korporasi belum sepenuhnya mematuhi regulasi yang telah diatur, karena kewenangan daerah hanya sebatas hak pengawasan.

Armin Nazar mengakui bahwa saat ini perizinan dikeluarkan oleh Kementerian Pusat tanpa kewenangan Provinsi atau Kabupaten. “Kabupaten hanya diberi hak pengawasan sesuai regulasi pusat,” ungkap Armin di ruang kerjanya pada Jumat (24/11/2023).

tetap berupaya memberikan pendekatan persuasif kepada pihak korporasi yang berpotensi melanggar regulasi. “Kami di daerah hanya mengimbau kepada pihak korporasi untuk menyediakan tempat khusus Bahan Berbahaya Beracun () sesuai dengan regulasi yang ada,” tambahnya.

Armin Nazar menekankan pentingnya ketaatan terhadap regulasi dalam pengelolaan . Pihak perusahaan diharapkan mematuhi tahap penyimpanan, pengumpulan, dan pengangkutan limbah B3, serta memiliki tempat pengolahan terpadu dengan izin khusus dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Meskipun pengelolaan limbah B3 di Wilayah saat ini aman dan terkendali, memberlakukan sanksi yang jelas ketika terdapat pelanggaran terkait pembuangan limbah B3. Armin Nazar berpesan kepada perusahaan atau korporasi yang telah menandatangani MoU atau Nota Kesepahaman untuk menjalankan komitmen tersebut demi keberlanjutan lingkungan yang bersih dan aman dari pencemaran.

Sementara regulasi pusat memberikan hak pengawasan kepada daerah, terus bekerja keras untuk memastikan bahwa pihak korporasi mematuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan untuk menjaga keberlanjutan lingkungan hidup di Kabupaten . (AD01/ Kutai Timur)

Related posts

Bunda PAUD Jakpus Ucu Jamilah Sukma, Hadiri Rangkaian Bimtek Kelembagaan dan Manajemen PAUD Kutim

Redaktur Meiry

Han Budi Setiawan Jadi Narasumber: Bimtek Bappeda Kutim Diikuti 121 Desa

Redaktur Meiry

Dinas Kesehatan Kutai Timur Ajak Masyarakat Terlibat Aktif dalam Transformasi Kesehatan

Admin

You cannot copy content of this page