SUDUT KALTIM

Asisten Perekonomian Kutim Buka Bimtek, Dorong Peran Bumdes

, SudutKaltim – Dalam upaya untuk meningkatkan pengetahuan, kapasitas, dan kemampuan pengurus () di Kabupaten (), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa () menyelenggarakan () Penyusunan Pelaporan Keuangan. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua dan Bendahara se-Kutim dan dibuka oleh Asisten dan Pembangunan (Perekobang) Seskab Kutim, H , di Hotel Harris pada Senin, 20 November 2023.

Dalam sambutannya, H memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang diadakan oleh Kutim. Ia menyatakan bahwa Bimtek ini merupakan langkah nyata dalam mewujudkan kemandirian masyarakat, khususnya dalam mengelola .

“Mesin ekonomi yang paling utama di masyarakat adalah Badan Usaha Milik Desa,” kata Zubair, menggarisbawahi peran sentral Bumdes dalam lokal.

Tak lupa, Zubair memberikan pesan kepada DPMDes agar melakukan evaluasi terhadap peserta setelah Bimtek. Evaluasi tersebut dapat dilakukan melalui Pre-Test dan Post-Test, sehingga hasilnya dapat dioptimalkan. Jika diperlukan, peserta yang belum memenuhi standar pengetahuan dapat mengikuti Bimtek lanjutan yang lebih mendalam.

Dalam konteks potensi besar sebagai Super Hub untuk Kawasan Ekonomi Khusus Indonesia Timur (), Zubair menekankan pentingnya peran Bumdes dalam menatap masa depan. Ia menyatakan bahwa Bumdes harus mampu memproduksi produk andalan secara besar-besaran dan melibatkan masyarakat setempat.

“Para Bumdes harus bisa menatap masa depan untuk mempromosikan serta menjual produk andalan di kelak,” ujar Zubair, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Litbang Kutim.

Bimtek, yang berlangsung selama tiga hari, menghadirkan narasumber dari Bankaltimtara, yaitu Riki Andriani dan Desi, serta dari Balai dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Banjarmasin, Diah Novitasari.

Baca Juga  dr Bahrani Paparkan Urgensi Pencegahan dan Penanganan Stunting, Dampak Serius Bagi Generasi Masa Depan

Kepala , , menyampaikan bahwa tujuan dari Bimtek ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, kapasitas, dan kemampuan peserta dalam menyajikan yang transparan dan akuntabel. Sebanyak 80 Bumdes aktif di Kutim turut serta dalam Bimtek ini, diwakili oleh ketua dan bendahara, sehingga jumlah peserta mencapai 160 orang. (AD01/Kutai Timur)

Related posts

Belum Resmi Dirilis, Ronny Bonar Ungkap Indikasi Penurunan Angka Stunting Kutai Timur Tahun 2023

Redaktur Meiry

Wakil Bupati Kutim Sambut Baik Pembahasan Raperda Pencegahan dan Penanggulangan AIDS

Admin

Kunjungan Bupati Kutai Timur ke Kaubun, Groundbreaking SPAM dan Penyerahan Bantuan Ambulans

Redaktur Meiry

You cannot copy content of this page