SUDUT KALTIM
Tampak antusias pengunjung Folder Ilham Maulana pada kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis oleh Pemuda Perindo Kutim (16/03/2023). (foto:bl/)

Warga Antusias Sambut Cek Kesehatan Gratis Gelaran Pemuda Perindo Kutai Timur

, SudutKaltim.com merupakan penyakit metabolisme nomor 1 dengan jumlah penderita paling banyak di Indonesia. Kementrian Republik Indonesia pun telah mengeluarkan anjuran guna mencegah , yakni dengan cek rutin, enyahkan asap rokok, rajin aktivitas fisik, diet seimbang, istirahat cukup dan kelola stress (CERDIK).

Kendati demikian, faktanya, kurang dari 8 persen masyarakat Indonesia yang tau berapa tekanan darahnya. Hal tersebut tentu saja sangat membahayakan, sebab hipertensi kerap disebut sebagai silent killer karena sering timbul tanpa gejala, sebelum akhirnya disadari ketika telah timbul penyakit penyulit atau komplikasi dari hipertensi. Fakta lain, hipertensi sendiri, pernah menduduki posisi teratas dari 10 penyakit utama penyebab kematian pada tahun 2019.

Peduli akan hal itu, hari ini, Kamis 16 Maret 2023, DPD , menggelar bakti sosial pemeriksaan kesehatan secara gratis. Kegiatan yang dilaksanakan di Kawasan Folder Ilham Maulana ini, dipimpin langsung oleh Ketua , .

“Program ini memang kita laksanakan sebagai bentuk kepedulian kita, Pemuda terhadap masyarakat Kutai Timur,” ucap .

Heriansyah Masdar menjelaskan, dalam bakti sosial ini, pemeriksaan kesehatan berfokus pada kondisi metabolisme tubuh. Selain cek tekanan darah, stand pemeriksaan kesehatan gratis ini juga menyediakan layanan cek darah guna mengetahui tingkat kolesterol, gula darah dan juga tingkat asam urat.

“Kita berfokus pada pemeriksaan metabolisme tubuh, terkhusus tekanan darah. Seperti kita ketahui, dari data Kemenkes, hanya sekitar 7 persen masyarakat Indonesia yang mengetahui tekanan darahnya,” paparnya.

“Jadi bahaya kalau mereka tidak tau tekanan darahnya berapa, jadi kita lakukan ini juga sebagai antisipasi hipertensi,” tuturnya melanjutkan.

Warga Sambut Dengan Antusias Screening Kesehatan Gratis Pemuda

Sementara, antusias pengunjung Folder Ilham Maulana atas kegiatan tersebut terbilang cukup besar. Pengunjung berduyun-duyun datang, bahkan hingga mengantri untuk bisa mendapatkan pelayanan kesehatan gratis gelaran Pemuda Perindo DPD Kutai Timur tersebut.

Baca Juga  Kutai Timur Raih Pengakuan Nasional, Bunda PAUD Siti Robiah Ardiansyah Dianugerahi Sertifikat dari Mendikbudristek

“Alhamdulillah, bisa periksa gratis di sini. Karena kalau sengaja mau periksa ke kadang lupa dan tidak sempat,” tutur salah satu pengunjung.

“Selain cek tensi (tekanan darah, red), saya juga cek gula darah, kolesterol sampe asam urat. Alhamdulillah, lumayan, kalau tempat lain sudah berapa itu bayar,” sambut pengunjung lain menimpali.

Melihat warga yang antusias, lebih jauh, Heriansyah Masdar mengatakan, kegiatan serupa akan rutin digelar. Dirinya juga mengaku, saat ini Pemuda Perindo juga tengah menyusun program kerja lain, yang difokuskan di bidang sosial.(*/bl)

Related posts

Pemkab Kutai Timur Teguhkan Komitmen Pembangunan, Raperda APBD TA 2024 Siap Disahkan

Redaktur Meiry

Tegas, DLH Kutai Timur Berlakukan Sanksi Bagi Pelanggar Ketentuan Jam Buang Sampah

Admin

Antisipasi Banjir Dampak Deforestasi, DLH Kutai Timur Fokus pada Titik Rawan Banjir dan Hutan Lestari

Admin

You cannot copy content of this page