SUDUT KALTIM
Pemkab Kukar Terima Kunjungan Studi Tiru Kubar
KUTAI KARTANEGARAPOLITIK DAN PEMERINTAHANSUDUT KALTIM

Pemkab Kukar Terima Kunjungan Studi Tiru Kubar

, SudutKaltim.com – Untuk yang kesekian kalinya Pemerintah Kabupaten () menjadi tujuan studi tiru bagi Pemerintah Daerah lain di Indonesia.

Setelah sebelumnya, Desember 2022 Pemkab Barito Utara yang melakukan studi tiru masalah Participating Interest (PI) dan Dana Bagi Hasil (DBH) Migas. Kali ini, giliran Pemkab () yang melakukan studi tiru terkait pemanfaatan Barang Milik Daerah.

Jajaran yang dipimpin Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Rakhmat, diterima Sekda Kukar Sunggono didampingi tim pemanfaatan aset daerah di ruang Ekskutif Kantor , Selasa (10/1/23).

Rakhmat mengatakan tujuan kunjungannya ingin mengetahui pemanfaatan aset daerah di Kukar sehingga memiliki nilai tambah terhadap ().

Lebih lanjut Rakhmat mengungkapkan tujuan utama kunjungannya bersama jajarannya yakni terbentuknya kerjasama pemanfaatan aset antara dan Kukar.

“Tentunya dari kerjasama itu kami harapkan akan berdampak bagi kemajuan daerah kami,” ungkapnya.

Sementara, Sekda Sunggono menuturkan dalam memanfaatkan asetnya hingga memiliki nilai tambah terhadap , yakni dengan membentuk tim.

“Nah tim inilah yang bekerja bahu membahu bagaimana aset kita ditertibkan, sehingga pemanfaatannya memberikan dampak nilai tambah terhadap PAD kita,” ujar Sunggono.

Dalam kesempatan tersebut Sunggono mengungkapkan peran masing – masing anggota tim, siapa melakukan apa, serta tugas – tugasnya, sehingga aset tersebut memiliki hasil dan daya guna yang optimal.

Selain itu Sunggono juga menerangkan tujuan pemanfaatan barang milik daerah, yaitu optimalisasi penggunaannya dan memperoleh fasilitas yang diperlukan dalam rangka menunjang tugas dan fungsi, memberikan kemudahan berinvestasi bagi perusahaan serta meningkatkan PAD melalui biaya sewa.

Disebutkannya tim yang terlibat dalam pemanfaatan BMD ini antar lain Dinas PU, dinas LHK, Dinas Perhubungan, BPKAD, SDA, bagian Hukum, Bagian Kerjasama.

Baca Juga  Dinas Kesehatan Kukar Terus Berbenah Dalam Tata Kelola BLUD

“Mereka – mereka ini lah yang bekerja keras sehingga pemanfaatan barang milik daerah bisa optimal dan memiliki nilai tambah yang bermuara pada peningkatan PAD kita,” sebutnya.


Sunggono juga menjelaskan alur kerja sama dalam pemanfaatan barang milik daerah, yang diawali usulan dari pihak ketiga untuk memanfaatkannya kepada Kepala Daerah.

“Kemudian usulan tersebut diserahkan kepada tim untuk ditindaklanjuti” pungkasnya.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan naskah kerjasama antara Pemkab dan Kukar, serta penyerahan Cenderamata dan buku Garis Tangan. (*/)

Related posts

Kuswara Resmi Jabat Kepala Desa Suka Maju Tenggarong Seberang

Redaktur

Wabup Kukar Ingin Perusahaan Rutin Laporkan Keberadaan TKA

Redaktur

Resmikan Beberapa Pembangunan Dan Serahkan Bantuan Unit Pengangkut Sampah, Wabup Kukar Harap Sinergitas Program CSR Terus Berjalan

Redaktur