SUDUT KALTIM

Pentingnya Implementasi Aturan, Tejo Yuwono Bahas Esensi Permendesa PDTT

, SudutKaltim – Kabupaten () menyaksikan langkah signifikan dalam pembangunan desa dengan diselenggarakannya Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi ( PDTT) Nomor 7 Tahun 2023. Kegiatan ini, yang dilaksanakan di Ruang Pelangi Hotel Royal Victoria oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (), dihadiri oleh para dan aparatur desa dari 139 desa yang menjadi fokus utama.

Sesi dibuka oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, . Dalam pidatonya, Tejo menyoroti pentingnya pelaksanaan aturan main yang diamanatkan oleh PDTT baru. Ia menegaskan bahwa aparatur desa harus memahami dan mengimplementasikan tuntunan aturan tersebut dengan baik.

Menurut Tejo, pembangunan nasional harus menjadi upaya yang menghubungkan setiap aspek, menciptakan konektivitas yang kuat, dan saling mendukung. “Pembangunan harus memberikan dampak ekonomi yang merata dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Keberlanjutan pembangunan harus diiringi oleh kemampuan sumber daya manusia dan teknologi yang dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman,” paparnya.

Tejo juga menekankan peran penting dan aparatur desa dalam mengidentifikasi aspek-aspek krusial untuk pembangunan di masing-masing desa. “Hasil sosialisasi ini diharapkan dapat menciptakan inovasi pembangunan yang tidak hanya modern, tetapi juga tetap mengakomodasi kearifan lokal masyarakat setempat. Keberhasilan pembangunan membutuhkan pengawasan, monitoring, evaluasi, dan pemeriksaan yang cermat,” tambahnya.

Dalam penutupannya, Tejo mengungkapkan harapan agar kegiatan ini memberikan bekal bagi desa dalam menetapkan skala prioritas pembangunan. “Dengan cara ini, dapat dioptimalkan dan diarahkan ke sektor-sektor yang paling membutuhkan, mulai dari pertanian hingga desa,” tandasnya. (AD01/)

Related posts

Bupati Ardiansyah Dorong Pertanian dan Peternakan Sebagai Lokomotif Baru Pembangunan di Kutai Timur

Redaktur Meiry

Sudirman Latif: Peningkatan Literasi, Investasi Masa Depan Kutai Timur

Redaktur Meiry

Bahrani Hasanal, Stunting Bisa Dicegah, Dinkes Kutai Timur Galakkan Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Catin

Redaktur Meiry

You cannot copy content of this page