SUDUT KALTIM

APBD Kutai Timur 2024 Proyeksi Capai 9,148 Triliun, Ini Rinciannya

, SudutKaltim – Pemerintah Kabupaten () menetapkan proyeksi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah () tahun 2024 mencapai 9,148 triliun. Hal ini disampaikan langsung oleh dalam ke-10 . Acara tersebut bertujuan untuk menjelaskan detail Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) 2024, dengan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) yang ditetapkan sebesar Rp 8,561 triliun, mengalami kenaikan sebesar Rp 587 miliar.

Sulaiman, saat menyampaikan Ranperda APBD 2024, hadir di hadapan pimpinan rapat yang melibatkan Ketua Kutim, Joni, Wakil Bupati , dan 20 anggota legislatif pada Rabu (8/11/2023). Dalam penyampaian tersebut, Bupati menjelaskan beberapa faktor yang menjadi penyebab kenaikan anggaran, termasuk perpindahan profit sharing dari sumber pendapatan lainnya, penambahan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik dan non-fisik, serta peningkatan Dana Bagi Hasil (DBH) Sawit. DBH royalti dan Bantuan Keuangan Provinsi 2024 juga menjadi faktor penyumbang.

“Prioritas anggaran 2024 mendatang ditujukan ke beberapa sektor sesuai yang terdapat dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024, mengusung tema Penguatan Struktur Ekonomi Guna Mendukung ,” jelas Ardiansyah.

Bupati Ardiansyah menegaskan bahwa anggaran tersebut akan diprioritaskan untuk membangun Sumber Daya Manusia () yang berdaya saing guna mendukung struktur ekonomi daerah. Hal ini juga melibatkan pengembangan ekonomi lokal, penguatan daya saing sektor unggulan, penciptaan iklim industri yang kondusif, dan memastikan kelangsungan pembangunan daerah.

“Wilayah Kutim yang begitu luas ini harus dikelola dengan perlakuan yang komprehensif atau menyeluruh dan berimbang. Baik antar sektor maupun antar wilayah kota dan pedesaan. Itulah sebabnya terus diupayakan konektivitas antar kecamatan,” jelas Ardiansyah.

Baca Juga  Mengintip Keindahan Kanal Park Sangatta, Wahana Wisata Air Terbesar di Kutai Timur

Dengan proyeksi APBD yang sangat tinggi ini, Pemkab berkomitmen untuk memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakatnya. (AD01/Kutai Timur)

Related posts

Saksikan dan Beri Semangat Peserta Lomba Dayung, Bupati Mahulu Pastikan Keamanan Perlombaan

Admin

Betonisasi Jalan, Pemkab Kutim Wujudkan Akses Mudah di Kecamatan Muara Wahau

Redaktur Meiry

Pekan Ketrampilan PAI di Kutai Timur, Suburkan Bakat dan Pemahaman Keagamaan Siswa

Admin

You cannot copy content of this page