SUDUT KALTIM

Dukung Penuh Keterbukaan Publik, Pemdes Bhuana Jaya Diapresiasi KIP

Seberang, SudutKaltim.com () Bhuana Jaya, menerima kunjungan langsung dari Komisi Informasi Pusat (), dalam rangka Apresiasi Publik Desa 2023. Visitasi dilaksanakan pada Senin (13/11/2023) di Kantor , Kecamatan Seberang.

berhasil mewakili Timur (), menjadi dari 116 desa yang berasal dari 26 Provinsi se-Indonesia. Sejumlah tahapan pun diketahui sudah dilalui oleh Desa Bhuana Jaya. Diantaranya tahapan sosialiasi kepada desa, tahapan pengisian kuesioner oleh desa, dan tahapan verifikasi pengisian kuesioner.

“Yang jelas Desa Bhuana Jaya mewakili terkait publik, itu kan tidak semuanya (desa) melakukan,” ujar Camat , Tego Yuwono, Kamis (16/11/2023).

Banyak hal yang dilakukan oleh Bhuana Jaya dalam mendukung pelaksanaan keterbukaan publik. Terutama untuk disajikan dan diketahui oleh warga desa. Baik itu melalui website desa, pesan jejaring WhatsApp (WA), laman Facebook (FB). Semuanya bisa terakses dengan baik dan mudah oleh warganya. Mulai dari informasi pelaksanaan gotong royong, masalah sumbangan atau kegiatan desa apapun yang perlu diketahui oleh warga.

“Jadi masyarakat dapat informasi melalui satu pintu di Desa Bhuana Jaya,” lanjut Tego.

Bahkan saking terbukanya informasi publik yang bisa dikonsumsi oleh warganya, berbekal nomor kontak seluruh warganya, Pemdes Bhuana Jaya hanya perlu membagikan pengumuman melalui pesan jejaring WA. Selain itu, pembangunan pun masyarakat mengetahui dari mana asal anggaran dan siapa yang mengerjakan.

Diketahui, 116 desa yang masuk nominasi keterbukaan publik dibagi ke dalam 3 zona. Yakni dari zona barat, tengah dan timur. Pemdes Bhuana Jaya pun masuk dalam zona tengah sekaligus mewakili Kaltim. (*/diskominfokukar)

Related posts

5 Kecamatan Sebelumnya Tak Tersentuh, DPPKB Kutai Timur Hadirkan TPK, Gelar Marathon Pembinaan Kelompok Kegiatan

Redaktur Meiry

PII Gelar Rapimnas di Kaltim Guna Dukung Pembangunan IKN

Admin

BPBD Kutim Berikan Pelatihan Pascabencana, 30 Petugas Ikuti dengan Antusias

Redaktur Meiry

You cannot copy content of this page