SUDUT KALTIM
Batik Miskat

Festival Kota Raja 2023, Miskat, Identitas Budaya Kutai Kartanegara yang Memukau

, SudutKaltim.com – Kamis, 14 September 2023, halaman parkir Stadion Rondong Demang dipenuhi oleh kemeriahan dan kehebohan seiring digelarnya daerah dalam Kota Raja (FKR) tahun ini. Tampil beda dari tahun-tahun sebelumnya, daerah Suku Kutai dalam ajang menjadi sorotan utama acara tersebut. Yang menarik, peragaan busana ini melibatkan pimpinan () serta diizinkannya membawa para pendukung.

, , saat membuka Festival Miskat, menegaskan pentingnya miskat sebagai pakaian adat khas , terutama di kabupaten .

“Kekayaan budaya Indonesia tercermin dari beragam baju adat yang menjadi ciri khas suatu daerah. Baju miskat adalah identitas budaya pakaian adat masyarakat . Sejak jaman kerajaan, baju miskat telah menjadi warisan kebudayaan yang harus dijaga dan dilestarikan,” ujarnya.

Deskripsi mengenai baju miskat menjelaskan bahwa bagi kaum pria, baju tersebut memiliki lengan panjang dengan kancing miring mengarah ke bagian kanan, dipadu dengan celana panjang dan kopiah sebagai penutup kepala. Sementara bagi kaum wanita, desain atasan juga menggunakan lengan panjang dengan desain kancing yang miring ke sebelah kiri.

Festival Miskat kali ini mempertandingkan berbagai dalam peragaan busana daerah Suku Kutai Miskat. Hasil kompetisi tersebut menyaksikan OPD meraih juara 1, diikuti oleh dan Kehutanan (DLHK) sebagai juara 2, dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) sebagai juara 3. Sementara itu, kategori terbaik 4 dipersembahkan untuk OPD Pemadam (Damkar), terbaik 5 diraih Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), dan terbaik 6 diberikan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Selain itu, beberapa kategori istimewa juga diakui pada Festival Miskat ini. Sekretariat Daerah meraih predikat Kostum Terbaik, sementara (BPBD) dinobatkan sebagai Kategori Terbaik Performance. Sedangkan, Dinas Kelautan dan Perikanan berhasil memenangkan Terbaik Catwalk, dan kategori Peserta Terfavorit jatuh kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Baca Juga  PWRI Kutai Timur Gelar Bukber dan Beri Santunan Ratusan Anak Panti Asuhan

Dengan berbagai prestasi dan kekayaan budaya yang terpamer, 2023 telah membawa nuansa kemeriahan dan kebanggaan atas kearifan lokal masyarakat Suku Kutai Miskat, semakin memperkaya khasanah budaya Indonesia yang begitu beragam. (*/bl)

Related posts

Serahkan Sertifikat Listrik Untuk Warga Suka Maju, Bupati Kukar Apresiasi PT JMB

Admin

Tingkatkan Kesadaran Pelayanan Kepemudaan, Dispora Kaltim Gelar Sosialisasi

Admin

FGD Diskominfo Kaltim, Pentingnya Legalitas dalam Kerjasama Pemerintah Daerah dengan Media

Admin
Sorry this site disable right click
Sorry this site disable selection
Sorry this site is not allow cut.
Sorry this site is not allow copy.
Sorry this site is not allow paste.
Sorry this site is not allow to inspect element.
Sorry this site is not allow to view source.

You cannot copy content of this page