SUDUT KALTIM

Tabligh Akbar di Kutai Timur: Menyambut Tahun Baru Islam dengan Semangat Kebersamaan dan Silaturahmi

, Sudut Kaltim – Dalam rangka menyambut 1 Muharram 1445, Kerukunan Keluarga Pinrang Kabupaten mengadakan yang akan dihadiri oleh Ustad Prof. H. Abdul Somad, LC.D.E.S.A, Ph.D. Acara ini direncanakan akan diselenggarakan di Masjid Agung Al-Faruq pada Minggu, 30 Juli 2023 pukul 19.30.

, Drs. H. , M.Si, memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan ini dan mengajak seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Kutai Timur untuk hadir mendengarkan tausiah dari Ustad Abdul Somad. Selain mendapatkan pemahaman tentang agama dari ahlinya, menyadari bahwa kegiatan ini juga dapat menjadi ajang silaturahmi.

Menurut Bupati , silaturahmi bukanlah hal baru. Ia mengisahkan kisah Asma binti Abu Bakar dan Qutailah binti Abdul Uzza, ibu kandung Asma yang memiliki keyakinan yang berbeda. Asma meragukan apakah harus tetap menjalin hubungan dengan ibunya tersebut, namun ia bertanya kepada Rasulullah. Rasulullah menjawab, “Ya, sambunglah silaturahim dengannya.” Dari kisah ini, Bupati membaca adanya keutamaan dalam menjalin silaturahmi. Silaturahmi merupakan anjuran Rasulullah SAW kepada umatnya, agar hubungan baik antara sesama manusia tetap terjaga. Selain itu, silaturahmi juga diyakini dapat memudahkan rezeki dan memanjangkan umur.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini. Penting untuk dilaksanakan guna meningkatkan pemahaman kita tentang Agama dan ketaqwaan terhadap Allah Subhanahu wa ta'ala,” ujar Bupati. Beliau juga mengajak masyarakat Kutai Timur untuk hadir dalam acara ini sebagai kesempatan untuk bersilaturahmi. Bupati menekankan bahwa silaturahmi yang sebenarnya adalah hubungan kasih sayang, dan jika manusia terputus dari jalinan silaturahmi, maka mereka akan kehilangan esensi hidup dan juga kehilangan sumber kasih sayang terbesar dari Allah SWT.

Baca Juga  Hari AIDS Sedunia, Dinkes Kutim Dorong Peran Komunitas Perangi HIV/AIDS

Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada Kerukunan Keluarga Pinrang Kutai Timur dan seluruh panitia pelaksana Tabligh Akbar. Beliau berharap kegiatan semacam ini dapat rutin dilakukan dengan menghadirkan tokoh-tokoh agama yang ahli di bidangnya.

Ketua Kerukunan Keluarga Pinrang, Nirwan Rais, juga mengucapkan terima kasih kepada , Drs. H. Ardiansyah Sulaiman, M.Si, baik sebagai individu maupun sebagai Bupati, atas dukungan dan peran aktifnya dalam menjalankan kegiatan Tabligh Akbar ini. Rais juga menekankan bahwa peran Bupati sangat penting dalam memperlancar proses pelaksanaan acara ini. (*/bl)

Related posts

TAT Bupati Cup II Kutim Resmi Dibuka, Lebih Dari 250 Pemanah Ikut Serta

Redaktur Meiry

Hari AIDS Sedunia, Dinkes Kutim Dorong Peran Komunitas Perangi HIV/AIDS

Redaktur Meiry

Hadiri Rangkaian HUT DWP, Sunggono Ingin Anggota DWP Respon Perkembangan di Era Digital

Admin

You cannot copy content of this page