SUDUT KALTIM
Kadisdikbud Kutim, Mulyono

Selain Beasiswa Penuh di Perguruan Tinggi Ternama Untuk 50 Mahasiswa, Pemkab Kutim Juga Berikan Beasiswa Untuk 400 Tenaga Pengajar

SudutKaltim.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas dan Kebudayaan (Disdikbud) mengalokasikan dana beasiswa untuk 50 mahasiswa yang kuliah di sejumlah ternama di Indonesia. Program ini merupakan bagian dari tujuh program unggulan di bidang . Hal tersebut disampaikan oleh Kepala , , saat menghadiri kegiatan Program Studi Magister Manajemen Pendidikan yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Mulawarman (Unmul) di Aula SDN 002 Utara (27/05/24).

menjelaskan bahwa program beasiswa ini bertujuan untuk mendukung pendidikan tinggi bagi anak-anak dan mencakup biaya pendaftaran, bimbingan belajar, dan Uang Kuliah Tunggal (UKT). “Saya selalu berpedoman kepada tujuh program bapak di bidang pendidikan, salah satunya adalah beasiswa di mana tahun 2023 itu Rp 5,6 miliar, sedangkan tahun ini Rp 21,75 miliar,” ungkap Mulyono.

Mahasiswa yang menerima beasiswa akan kuliah di universitas ternama seperti Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Hasanuddin (Unhas), dan Universitas Padjajaran (Unpad). “Jumlah siswa untuk keseluruhan kampus adalah 50 orang. Untuk di UGM 30 orang. Semua biaya ditanggung, mulai dari pendaftaran, bimbingan belajar, hingga UKT,” tambah Mulyono.

Selain beasiswa untuk mahasiswa, juga memberikan beasiswa kepada 400 tenaga pengajar melalui program rekognisi pembelajaran lampau (RPL). Program ini memungkinkan guru-guru untuk menyelesaikan pendidikan Strata 1 dalam dua tahun dan Strata 2 dalam satu tahun, dibandingkan dengan durasi normal masing-masing empat dan dua tahun. “Guru-guru di sebanyak 400 orang juga dikuliahkan dengan program RPL, di mana S1 seharusnya 4 tahun jadi 2 tahun, S2 dua tahun menjadi 1 tahun, dengan syarat guru-guru telah mengajar selama 5 tahun,” jelas Mulyono.

Baca Juga  Tingkatkan Perekonomian, DPU Kukar Segera Bangun Jembatan di Kecamatan Sebulu

Pembelajaran untuk program RPL ini akan dilakukan 80 persen secara online dan 20 persen secara offline di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) . Program ini adalah bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mencerdaskan masyarakatnya.

Melalui program-program ini, Pemkab Kutim berharap dapat menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional. (ADV/ )

Related posts

Tegas, DLH Kutai Timur Berlakukan Sanksi Bagi Pelanggar Ketentuan Jam Buang Sampah

Admin

Sembilan Puskesmas Kutai Timur Raih Akreditasi Paripurna dari Kemenkes, Terdepan dalam Pelayanan Kesehatan

Admin

Bahaya ADHD, DPPKB Kutai Timur Ajak Masyarakat Pahami Risiko dan Pencegahan

Admin
Sorry this site disable right click
Sorry this site disable selection
Sorry this site is not allow cut.
Sorry this site is not allow copy.
Sorry this site is not allow paste.
Sorry this site is not allow to inspect element.
Sorry this site is not allow to view source.

You cannot copy content of this page