SUDUT KALTIM

Rapat Koordinasi Lintas Sektor Dinkes Kutim Bahas Integrasi Layanan Kesehatan

SudutKaltim.com – Pemerintah Kabupaten () melalui Dinas () menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektor dan Lintas Program Integrasi Layanan Primer () Tahun 2024 di Ruang Meranti Kantor , Senin (29/04/2024). Acara ini mengundang pembicara dari dan dihadiri oleh Ketua TP PKK , Staf Ahli Bidang , Pembangunan dan Keuangan Sulastin, serta perwakilan perangkat daerah lainnya.

Kepala , dr. Bahrani Hasanal, dalam sambutannya menjelaskan bahwa merupakan upaya untuk menata dan mengoordinasikan berbagai pelayanan kesehatan primer dengan fokus pada pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan berdasarkan siklus hidup bagi perseorangan, keluarga, dan masyarakat. “Dengan adanya ILP ini, tentunya akan menjadi layanan berdasarkan siklus hidup, di mana ada beberapa klaster: klaster 1, klaster 2, klaster 3, dan klaster 4. Klaster tersebut meliputi manajemen, layanan kesehatan untuk ibu hamil, bayi, balita, dan remaja, layanan untuk usia produktif hingga lanjut usia, serta penanggulangan penyakit menular,” tegas Bahrani.

Setelah membuka kegiatan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Seskab , Poniso Suryo Renggo, dalam arahannya menegaskan bahwa pemerintah sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan melalui ILP. “Saya minta camat, kades, dan seluruh stakeholder dapat bersinergi untuk menyukseskan program ILP primer ini. Hal ini merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk menghadirkan layanan kesehatan dasar yang merata dan memadai yang terus berlanjut,” urainya.

Poniso juga menekankan pentingnya kolaborasi dan integrasi antarsektor kesehatan yang terus diperkuat dengan harapan dapat mendekatkan sekaligus memperluas layanan kesehatan ke pelosok Kutim. “Untuk tahap awal, terdapat lima kecamatan yang menjadi pilot project, yaitu Utara, Kaliorang, Karangan, Kaubun, dan Teluk Pandan,” singkatnya. (ADV/ )

Related posts

Inisiatif Proaktif DLH Kutai Timur dalam Menanggulangi Permasalahan Sampah, Mulai Pengadaan Alat Berat, Hingga Kerjasama Lintas Sektor

Admin

Sosialisasi Guru TPA, Kutai Timur Menyongsong Generasi Emas 2045

Admin

Pengawasan Komitmen SPP-IRT, Dinkes Kutai Timur Libatkan DPMPTSP Visitasi IRTP Zona Pesisir

Admin
Sorry this site disable right click
Sorry this site disable selection
Sorry this site is not allow cut.
Sorry this site is not allow copy.
Sorry this site is not allow paste.
Sorry this site is not allow to inspect element.
Sorry this site is not allow to view source.

You cannot copy content of this page