SUDUT KALTIM

Pariwisata Kutim Bangkit, Festival 3 Teluk Dorong Industri Kreatif dan Ekonomi Lokal

, SudutKaltim () kembali menunjukkan inisiatif dan terobosan dalam pengembangan sektor pariwisata dengan menggelar . ini merangkul tiga di Kecamatan Selatan (Sangsel), yaitu , , dan , menjadi satu kesatuan event dengan beragam aktivitas menarik mulai dari - hingga kegiatan lainnya. Tujuan utama dari ini adalah untuk meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan ke .

Kutim, , bersama dengan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kutim, Nurullah, Camat Sangsel Abas, Camat Hasdiah, dan Forkopincam hadir di Kawasan Pantai pada Kamis (16/11/2023) untuk membuka ini.

Dalam sambutannya, Ardiansyah menggarisbawahi kontribusi besar Kutim terhadap negara melalui sektor sawit, pertambangan, dan pariwisata. Kutim diakui memiliki potensi besar yang mendukung pembangunan nasional dan menjadi salah satu daerah dengan kemampuan menopang ekonomi nasional sebagai superhub, sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045.

Bupati menjelaskan bahwa meskipun () Kutim masih dominan dari , pihaknya tengah bersiap menghadapi perubahan dengan mengalihkan fokus ke sektor pariwisata. “Jika hanya di level kabupaten, maka kegiatan hanya akan mampu menumbuhkan ekonomi kreatif,” ungkapnya.

Sementara itu, sektor pertanian juga menjadi fokus pengembangan, dengan dorongan untuk berdirinya industri pertanian modern guna meningkatkan tenaga kerja formal melalui industri kreatif. Ardiansyah juga menyoroti industri perikanan dan kelautan, serta industri peternakan yang masih memiliki potensi besar untuk memenuhi kebutuhan daging di pasar dan masyarakat.

Festival 3 Teluk diharapkan dapat menjadi wahana untuk meningkatkan popularitas Teluk Lombok, , dan . Bupati optimis bahwa melalui festival ini, ketiga tersebut akan semakin dikenal dan menjadi daya tarik yang menggairahkan.

Baca Juga  DPC PWRI Kutai Timur Gelar Buka Puasa Bersama Dan Berikan Santunan Kepada Anak Yatim

Dalam laporannya, Kepala Dispar Kutim, Nurullah, menyampaikan bahwa festival ini akan berlangsung hingga 19 November 2023 dengan berbagai kegiatan menarik seperti lomba stan kreatif, bola voli, camping bersama, mancing, layang-layang, kuliner ikan, lomba perahu hias, dan menyanyi.

“Kegiatan ini mendukung tagline RI, Wonderful Indonesia, dan diharapkan dapat mendukung pertumbuhan pariwisata di Kutim, khususnya di tiga teluk ini,” tegas Nurullah.

Dalam konteks pandemi COVID-19, festival ini juga dianggap sebagai langkah positif untuk mendukung pemulihan sektor pariwisata dan mempromosikan destinasi unggulan di Timur.

“Pariwisata Maju, Ekonomi Bangkit; Pariwisata Maju, Masyarakat Sejahtera,” pungkas Nurullah dengan keyakinan bahwa festival ini akan memberikan dampak positif bagi ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat. (AD01/)

Related posts

Saksikan dan Beri Semangat Peserta Lomba Dayung, Bupati Mahulu Pastikan Keamanan Perlombaan

Admin

Han Budi Setiawan Jadi Narasumber: Bimtek Bappeda Kutim Diikuti 121 Desa

Redaktur Meiry

Sigap Tanggapi Masalah Sosial, DPD Perindo Kutim Serahkan Bantuan

Admin

You cannot copy content of this page