SUDUT KALTIM

BPKAD Kutim Ajak ASN Pahami Peran dalam Penggunaan Fasilitas Kantor

, SudutKaltim – Menindaklanjuti rekomendasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia kepada Pemerintah Kabupaten (), Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah () menggelar pada Kamis (9/11/2023) siang. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Monitoring Center of Prevention (MCP) yang bertujuan pencegahan korupsi di lingkungan pemerintah daerah.

Sekretaris , , menekankan pentingnya kerjasama lintas sektor untuk mencapai Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari (BPK). Salah satu fokus utama adalah penggunaan fasilitas kantor atau Barang Milik Daerah (BMD) di lingkungan . “Prestasi Opini WTP tahun lalu tak boleh membuat kita terlena, terutama terkait pengelolaan BMD yang menunjang fasilitas kerja ,” ujarnya.

Fasilitas kantor yang dibiayai oleh dana harus digunakan sesuai ketentuan yang berlaku. Saat ini, intervensi terhadap pengelolaan BMD baru mencapai 40 persen dari target yang ditetapkan oleh KPK. menegaskan bahwa penggunaan fasilitas kantor menjadi titik rawan terjadinya korupsi. Oleh karena itu, kegiatan tidak hanya sebagai tindak lanjut rekomendasi KPK tetapi juga sebagai upaya memahamkan hak dan tanggung jawab kepada seluruh di .

Kabid Barang Milik Daerah (BMD) BPKAD, Abdul Rahman, menyoroti keterlambatan beberapa Perangkat Daerah (PD) dalam menyampaikan fakta integritas. Dari 68 PD, hanya 41 yang telah melaporkan, dan masih terdapat 27 PD yang belum memenuhi kewajiban tersebut. Belum optimalnya penertiban BMD yang digunakan untuk fasilitas kantor, khususnya kendaraan roda dua dan roda empat, juga menjadi perhatian. Seluruh PD diwajibkan untuk menerbitkan Surat Keputusan (SK) Kepala Perangkat Daerah tentang Pemegang BMD. Hal ini mencakup barang atau fasilitas kantor yang bergerak maupun tidak bergerak. Sosialisasi ini merupakan langkah proaktif dalam mendekati Opini WTP dan meningkatkan transparansi serta akuntabilitas dalam pengelolaan fasilitas kantor. (AD01/)

Related posts

Mengintip Keindahan Kanal Park Sangatta, Wahana Wisata Air Terbesar di Kutai Timur

Admin

Turnamen Tenis Meja Kutim Open 2023, Atlet Internasional dan Nasional Bersaing di Sangatta Utara

Redaktur Meiry

Kurang Dari 48 Jam, Komplotan Perampok Lintas Provinsi Dibekuk Jajaran Polres Kutai Timur

Redaktur Meiry

You cannot copy content of this page