SUDUT KALTIM

Suarakan Inklusivitas Pemilu, Sosialisasi Pendidikan Politik untuk Penyandang Disabilitas di Kutim

, SudutKaltim – Pada acara Politik di (), Staf Ahli Bidang Pembangunan dan Keuangan , menegaskan penekanan utama diberikan pada hak politik penyandang dalam konteks pemilihan umum (Pemilu). Berdasarkan Undang-Undang Nomor 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia (HAM), pasal 43 ayat 1 dan 2, setiap warga negara memiliki hak untuk dipilih dan memilih dalam pemilihan umum dengan prinsip persamaan hak melalui pemungutan suara yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Sulastin, mewakili , menjelaskan pentingnya memastikan dalam proses pemilihan, khususnya untuk penyandang . Hak-hak konstitusional mereka sudah diatur dalam UU Nomor 8 tahun 2016 tentang ragam dan hak .

menjadi kelompok rentan terabaikan dalam perhelatan politik, termasuk pemilu. Padahal, hak-hak konstitusional sudah diatur dalam UU Nomor 8 tahun 2016 tentang ragam dan hak penyandang disabilitas, pelaksanaan penghormatan, pelindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua () Kutim, , menegaskan bahwa hak politik penyandang disabilitas merupakan hak yang harus dijamin negara, sebagaimana diatur dalam UU Nomor 8 Tahun 2016. Dalam pemilu, hak tersebut meliputi hak untuk memilih dan dipilih, menyalurkan politik, memilih partai politik atau individu peserta pemilu, serta berperan aktif dalam sistem pemilu pada semua tahap penyelenggaraannya. “Kami () sudah memetakan dan telah menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di beberapa kecamatan. Khusus di TPS ini ada form yang disiapkan bagi penyandang disabilitas yang akan didampingi dalam mencoblos. Dengan syarat pendamping dilarang mengarahkan. Perilaku ini akan diawasi dengan ketat,” tambah Ulfa. (AD01/)

Related posts

Kontingen Pesparawi Kutim Berangkat ke Ajang Tingkat Provinsi, Wabup Lepas dengan Doa dan Semangat

Redaktur Meiry

Perangi Stunting, Pemkab Kutai Timur Luncurkan Aplikasi Pencatatan Data Gizi

Redaktur Meiry

Kurang Dari 48 Jam, Komplotan Perampok Lintas Provinsi Dibekuk Jajaran Polres Kutai Timur

Redaktur Meiry

You cannot copy content of this page