20.7 C
Kalimantan Timur
6 Desember 2022
Sudut Kaltim

Peras Lansia Hingga Jutaan, Oknum Wartawan Diamankan Unit Reskrim Polsek Sungai Pinang

, Sudutkaltim.com – Peras lansia hingga jutaan rupiah, diamankan unit reskrim . Adalah Nurdin Bengga (55), tersangka pelaku yang mengaku oknum wartawan dari media Radar Nusantara.

Unit reskrim Polsek Sungai Pinang mengamankan Nurdin, setelah diduga kuat melakukan tindak pidana pemerasan terhadap Edy (64) dan Sulastri (64), pasangan lansia (lanjut usia) yang sehari-harinya bekerja sebagai pedagang rongsokan.

Kejadian tersebut bermula saat seorang pria mendatangi lapak korban guna membeli sebuah velg motor (31/01/2022). Korban pun menunjukkan velg motor ke pria tersebut. Namun, secara tiba-tiba pria itu mengakui, bahwa velg motor tersebut adalah miliknya. Pasutri yang merasa takut itupun, akhirnya secara cuma-cuma memberikan velg motor tersebut.

Baca juga :  Tak Puas Hasil Mediasi, Suami Tikam Selingkuhan Istri

Namun, pasutri tersebut tak menyangka, pria tersebut kembali lagi ke lapak korban setelah selang beberapa hari. Kali ini, pria tersebut datang bersama tiga oknum lain yang mengaku sebagai wartawan, dengan Nurdin salah satunya. Mereka datang dengan menggunakan sebuah mobil berstikerkan Kabiro Radar Nusantara Kaltim.

Peras Lansia Hingga Jutaan, Oknum Wartawan Diamankan Unit Reskrim Polsek Sungai Pinang-Sudutkaltim.com
Mobil dengan stiker bertuliskan Kabiro Radar Nusantara yang digunakan pelaku dan uang bukti hasil kejahatan. (foto: Istimewa)

Melanjutkan, Nurdin pun meminta sejumlah uang kepada korban dengan dalih tidak akan memberitakan dan melaporkan kejadian tersebut ke polisi. “Pelaku mengancam korban. Mereka meminta korban uang senilai Rp15 juta,” jelas Kapolsek Sungai Pinang, Kompol Irwanto melalui Kanit Reskrim, Ipda Bambang Suheri (09/02/2022).

“Karena tidak punya uang, korban sempat menawarkan Rp500 ribu, namun pelaku menolak,” lanjut Bambang menjelaskan.

Korban pun sempat meminta kepada pelaku untuk mengurangi nilai nominalnya, dari Rp15 juta menjadi Rp10 juta. “Korban menawarkan Rp1 juta untuk DP (Down Payment, uang muka, [red]), tapi pelaku menolaknya,” ucap Bambang.

Baca juga :  Bejat, Ayah di Kukar Gagahi Putri Kandung Hingga Hamil

PERAS LANSIA, TERSANGKA MENGAKU SEBAGAI WARTAWAN SENIOR

Senin (07/02/2022), Nurdin pun kembali mendatangi kedua pasutri tersebut guna mengambil uang. Sebelumnya korban telah menyiapkan uang tersebut, yakni senilai Rp5 juta.

Korban yang merasa kesal dengan perbuatan pelaku pun akhirnya melaporkan kejadian yang mereka alami. Semula korban melaporkan ke Bhabinkatibmas setempat, kemudian Bhabinkatibmas pun meneruskan laporan tersebut ke Polsek Sungai Pinang.

Dengan berbekal informasi tersebut, Opsnal Reskrim Sungai Pinang pun langsung melakukan penyelidikan. Dari hasil penyelidikan, petugas pun berhasil mengamankan pelaku di Jalan Damanhuri, Kelurahan Mugirejo, Kecamatan Sungai Pinang.

Baca juga :  Lantaran Nasi Kuning, Tiga Orang Sopir Travel di Samarinda Terancam Bui
Peras Lansia Hingga Jutaan, Oknum Wartawan Diamankan Unit Reskrim Polsek Sungai Pinang-Sudutkaltim.com
Pelaku menggunakan ID Card dan rompi tugas untuk mendatangi dan memeras korban. (foto: Istimewa)

“Saat ini, sementara yang kita amankan satu orang, yakni Nurdin Bengga. Dia mengaku sebagai wartawan senior,” papar Bambang melanjutkan.

Selain berhasil mengamankan pelaku, petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti. Barang bukti tersebut berupa uang senilai Rp5 juta hasil tindak kejahatan, mobil berstiker media dan juga ID Card dan rompi lapangan bertuliskan nama pelaku berikut nama salah satu media.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, petugas pun menjerat Nurdin dengan Pasal 368 KUHP tentang pemerasan, dengan ancaman hukuman mksimal 9 tahun penjara.

Untuk diketahui, berdasar kartu identitasnya, pelaku merupakan warga Dusun Liang Tupai, Desa Puan Cepak, Kecamatan , Kabupaten .(*/Dev)

Artikel Terkait

Dihempas Badai, Kapal Klotok Bermuatan 30 Ton Batubara Karam, Tiga ABK Dikabarkan Hilang

Redaksi

Lantaran Nasi Kuning, Tiga Orang Sopir Travel di Samarinda Terancam Bui

Redaksi

Tak Puas Hasil Mediasi, Suami Tikam Selingkuhan Istri

Redaksi

Bejat, Ayah di Kukar Gagahi Putri Kandung Hingga Hamil

Redaksi

Petugas Lapas Samarinda Berhasil Gagalkan Penyelundupan Sabu ke Dalam Lapas

Redaksi

Pria Paruh Baya Ditemukan Tewas di Teras Rumah Warga

Redaksi