22 C
Kalimantan Timur
6 Desember 2022
Sudut Kaltim

Bukan Buaya, Inilah Monster Sangatta Yang Sesungguhnya

Sangatta, SudutKaltim.com – Bukan , inilah yang sesungguhnya. Bukan rahasia lagi jika , atau () secara keseluruhan, dikenal memiliki habitat yang dihuni oleh para ‘monster’.

Monster tersebut tak lain adalah salah satu predator tertua di dunia, yakni buaya. Seringnya ditemukan buaya berukuran raksasa di Kutai Timur, menjadikannya sebutan sebagai monster dari kabupaten yang beribukota di Kota Sangatta tersebut.

Namun sejatinya, masih ada lagi monster yang jauh lebih besar, yang ada di Kota Sangatta. Liebher T282B, adalah sebuah truk raksasa dengan berat lebih kurang 237 ton. Dengan dimensi panjang 14,5 meter, lebar 7,8 meter serta tinggi mencapai 7,4 meter, menjadikan Liebher T282B truk terbesar yang ada di Indonesia.

Baca juga :  Buntut Pernyataan Edy Mulyadi, Aliansi Dayak Bersatu Desak Kapolri Tegakkan Hukum Positif dan Hukum Adat
Bukan Buaya, Inilah Monster Sangatta Yang Sesungguhnya
Wakil , tengah berfoto bersama unit Liebher T282B yang akan menjadi , sekaligus Ikon Kota Sangatta (31/01/2022). (foto: Istimewa)

Truk berukuran raksasa tersebut, sejatinya beroperasi sebagai pengangkut batu bara di tambang baru bara terbesar di kabupaten yang kini dipimpin oleh sebagai bupatinya. Menariknya, tidak semua orang, bahkan warga Sangatta sendiri yang bisa melihat monster tersebut secara langsung.

Geser Buaya, Liebher T282B Jadi Ikon Tambang, Ikon Baru Kota Sangatta

Atas dasar hal itu, Pemkab Kutim pun berinisiatif untuk bisa menghadirkan truk raksasa tersebut ke tengah kota. Tentu saja, diyakini hal tersebut akan menjadi destinasi wisata alternatif yang bisa menjadi sarana edukasi. Tentu pula, tidak menutup kemungkinan bisa menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Kutim.

Baca juga :  DPC FBB Kalimantan Samarinda, Bersama AJKT Salurkan Bantuan Banjir Sangatta

Pemkab bersama Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) Kutim pun berusaha mewujudkan hal tersebut. Perjalanan panjang pun dilakukan sejak 2017 lalu. Mulai dari proses perijinan, pelimpahan, hingga hari ini tadi (Senin, 31/01/2022), proses mobilisasi raksasa tambang tersebut berhasil terlaksana.

Bukan Buaya, Inilah Monster Sangatta Yang Sesungguhnya
Mobilisasi “Monster Sangatta” ke lokasi, Bukit Pandang Sangatta, Kutai Timur (31/01/2022). (foto: bollem/sangattaku.com)

Setelah proses perakitan kembali, sekira dua atau tiga bulan ke depan, masyarakat Kutim, bahkan Indonesia pada umumnya akan bisa menikmati kemegahan truk raksasa tersebut. Selain sebagai destinasi wisata alternatif dan sarana edukasi, Liebher T282B tersebut juga diyakini akan bisa menjadi ikon baru Kota Sangatta.

Baca juga :  Tingginya Lonjakan Kasus Baru, Balikpapan Kembali Zona Merah

Semoga, seiring megahnya ikon Kota Sangatta tersebut, segera diimbangi dengan perbaikan infrastruktur akses menuju pintu masuk kabupaten. Agar tak hanya warga Sangatta saja, tapi seluruh masyarakat yang ada di Indonesia, khususnya , tanpa rasa segan dan malas bisa datang untuk turut menikmati megahnya monster yang juga menjadi Ikon Tambang tersebut.(*/Dev)

Artikel Terkait

Pusaka Salurkan Bantuan Korban Banjir Sangatta Tiga Hari Berturut-turut

Redaksi

Asmawardi Kunjungi Dapur Umum di Bengalon, Nensy Keluhkan Minimnya Peralatan dan Bahan

Redaksi

GM ESD PT KPC Sebut AJKT Dapat Nilai 9 dari 10

Redaksi

Perumdam Kutim dan AJKT Perkuat Sinergitas

Redaksi

Tinjau Banjir di Bengalon, Asmawardi Siapkan Bantuan 700 Paket Sembako

Redaksi

Pernyataan Edy Mulyadi CS Tuai Kecaman Berbagai Kalangan, Irpan Taka: Sudah Seharusnya Begitu

Redaksi