22 C
Kalimantan Timur
6 Desember 2022
Sudut Kaltim

Dihempas Badai, Kapal Klotok Bermuatan 30 Ton Batubara Karam, Tiga ABK Dikabarkan Hilang

, Sudutkaltim.com – Dihempas badai, klotok bermuatan 30 ton batubara , tiga ABK dikabarkan hilang. Kapal Motor (KM) Bunga Lestari 09 yang baru saja memuat limbah batubara dari tongkang (ponton) pengangkut batubara, karam setelah dihempas badai (07/12/2021). Peristiwa tersebut terjadi di perairan laut Tanjung Pemerung, Desa Sepatin, Kec Anggana, Kab ().

Cuaca di beberapa wilayah di penghujung tahun memang tergolong cukup ekstrim. Tingginya curah hujan yang disertai angin kencang pun, membuat laut menjadi kurang bersahabat.

“Kami mendapat informasi kejadian itu malam. Tim sudah kami berangkatkan dari unit SAR ,” kata Melkianus Kotta, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan () Kelas A (07/12/2021).

Baca juga :  DPC FBB Kalimantan Samarinda, Bersama AJKT Salurkan Bantuan Banjir Sangatta
Unit tim sar bersiap menuju lokasi km lestari yang dihempas badai
Unit Tim SAR Samarinda bersiap diberangkatkan guna pencarian korban hilang (ABK KM Lestari 09 yang dihempas badai). (Foto: HO/ Basarnas)

Berdasar keterangan Melkianus, KM Lestari 09 yang karam dihempas badai tersebut dinahkodai oleh Sanggu (30) beserta lima Anak Buah Kapal (ABK) lain. Peristiwa tersebut terjadi Selasa (07/12/2021) dini hari, sekira pukul 03.00 Wita. Dikatakannya, tak lama setelah menyelesaikan muatan limbah batubara sekira 30 ton, mereka pun berniat menuju muara sungai untuk kembali pulang.

Namun naas, di tengah perjalanan, seketika kapal dihempas badai yang datang. Besarnya tiupan angin, membuat ombak menjadi tinggi dan liar, sehingga KM Lestari 09 pun tak lagi mampu dikendalikan. “Kapal hilang kendali, dan tenggelam di perairan,” papar Melkianus.

Tiga Orang ABK Masih Dinyatakan Hilang

Saat kapal dihempas badai, para ABK yang panik itu pun memilih untuk terjun ke laut. Tiga orang ABK dinyatakan selamat setelah ditemukan oleh nelayan. Mereka ditemukan sekira pukul 09.00 Wita, setelah sebelumnya selama enam jam terapung di Muara Mahakam. Namun, tiga ABK lain hingga berita ini diturunkan masih dalam proses pencarian dan belum diketemukan.

Baca juga :  Dua Minggu Digantung Pemkab, 1000 Masyarakat Adat Akan Cat Ulang Jembatan Kartanegara

Tiga orang ABK selamat adalah Darmansyah alias Momo (25), warga Desa Sepatin RT 03 Kecamatan Anggana, Kukar. Kemudian Alam Bin Lassang (36) dan Ansar Anca Bin Sumara (22) yang merupakan warga Mangkupalas RT 02 Kec Samarinda Seberang, Kota Samarinda.

Tiga ABK yang selamat dari KM Lestari 09 yang dihempas badai
Tiga ABK yang selamat dari KM Lestari 09 yang dihempas badai. (Foto: /istimewa)

Korban selamat kemudian dievakuasi dan dilarikan ke klinik Pertamina Hulu Mahakam guna mendapatkan perawatan medis.

Baca juga :  Lantaran Nasi Kuning, Tiga Orang Sopir Travel di Samarinda Terancam Bui

Sedangkan, untuk tiga orang lain yang belum ditemukan adalah sang nahkoda kapal, Sanggu (30), Akbar (30), dan juga Wawan (29). Ketiganya adalah warga Mangkupalas RT 02, Samarinda Seberang, Kota Samarinda.

Sementara, Kasi Operasi dan Siaga Basarnas Balikpapan Basri menambahkan, tim Basarnas Unit Siaga SAR Samarinda dengan membawa peralatan SAR lengkap, diberangkatkan ke Anggana untuk bergabung melakukan operasi pencarian.

Tim Basarnas berjumlah 6 orang sudah berangkat menuju lokasi sejak pukul 20.35 Wita. “Tim yang sudah di lokasi di antaranya Pertamina Hulu Mahakam (PHM), masyarakat sekitar dan juga dari Anggana,” singkatnya.(*/Dev)

Artikel Terkait

Dua Minggu Digantung Pemkab, 1000 Masyarakat Adat Akan Cat Ulang Jembatan Kartanegara

Redaksi

Lantaran Nasi Kuning, Tiga Orang Sopir Travel di Samarinda Terancam Bui

Redaksi

Peras Lansia Hingga Jutaan, Oknum Wartawan Diamankan Unit Reskrim Polsek Sungai Pinang

Redaksi

Banjir Setinggi 2 Meter Rendam Pemukiman Warga di Balikpapan

Redaksi

Pria Paruh Baya Ditemukan Tewas di Teras Rumah Warga

Redaksi

Tingginya Lonjakan Kasus Baru, Balikpapan Kembali Zona Merah

Redaksi